780 Karateka Sudah Konfirmasi

BKC Open III International Championships 2017

BKC Open, 3rd BKC Open, International Karate Championship, BKC Kota BatamBATAM (HK) – Sebanyak 780 atlet karateka dari 8 negara sudah memastikan diri ambil bagian dalam pertandingan kejuaraan seni beladiri yang digelar oleh Pengurus Daerah (Pengda), Bandung Karate Club (BKC), Kepulauan Riau (Kepri), mulai tanggal 10 hingga 12 Agustus 2017 mendatang, di Gedung Sport Hall, Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning Batam.

Dalam iven bergensi yang bertajukan “3rd BKC Open Karate International Championships 2017” itu, karateka berkelas nasional dan internasional akan memperebutkan piala tetap, dan piala bergilir Gubernur Kepri dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) BKC Kepri, Nyanyang Haris Pratamura mengatakan, atlet karateka yang akan ikut ambil bagian dalam open turnamen seni beladiri bertaraf internasional itu, berasal dari 8 negara di Asia. Termasuk beberapa negara lainnya yang turut diundang.

“Mereka yang telah memastikan berasal dari Singapura, Sri Langka, Malaysia, India, Pakistan, Nepal, Uzbekistan, serta atlet BKC Indonesia. Selain itu, kami juga mengundang karateka dari Negara Thailand, Iran, serta Usbekistan,” kata Nyangnyang, Minggu (6/8) siang, di sekretariat Panpel BKC di Ruko Mega Legenda, Batam Center.

Dalam open turnamen tersebut, terang Nyangnyang, akan mempertandingkan sebanyak 74 kelas putra dan putri. Baik dalam kata maupun kumite, mulai dari usia dini hingga tingkat senior.

“Kegiatan ini sudah ketiga kalinya digelar, sejak 2014 silam, sebagai kalender program rutin BKC. Sehingga dari tahun ke tahun antusiasme peserta dari luar negeri pun semakin meningkat,” terang Ketua Pengda BKC Kepri ini.

Selain itu, ucapnya, diharapkan dengan turnamen ini bisa melahirkan atlet-atlet berkualitas, bibit-bibit unggul, sehingga dapat memenuhi target BKC Batam dan Kepri untuk mengikuti iven iven yang lebih bergensi dari tahun ke tahun.

“Iven ini, juga momentum untuk kami melahirkan atlet-atlet berkualitas, bibit-bibit unggul, sehingga dapat memenuhi target BKC Batam dan Kepri untuk mengikuti iven iven yang lebih bergensi. Baik di tingkat nasional dan internasional dengan segudang prestasi,” pungkasnya.

Ketua Dewan Pembina Perguruan BKC Pengda Kepri Surya Makmur Nasution berharap, kehadiran perwakilan 7 negara sahabat pada even BKC Open 2017 tersebut, diharapkan bisa berkontribusi positif terhadap pariwisata di Batam.

“Antara olahraga dan pariwisata itu sejalan. Arti pentingnya kehadiran 7 negara pada even ini semacam agenda untuk mendongkrak geliat perekonomi di Kota Batam, dan Kepri,” kata Surya.

Wakil Ketua Dewan Guru BKC, Senpai Ayi Afrianto, didampingi Ketua Panitia Pelaksana, Sulistiana menambahkan, lewat iven kejuaraan karate itu pihaknya juga ingin memperkenalkan dunia seni beladiri secara lebih luas lagi. Sehingga dapat menumbuhkan motifasi bagi generasi bangsa yang berprestasi, di masa yang akan datang. Bahkan, dapat mengharumkan nama daerah dan negara.

“Di Batam ini, boleh dikatakan potensi atletnya terbilang cukup tinggi. Beberapa kali atlet dari BKC Batam, telah berhasil menembus prestasi di even bergengsi tingkat nasional, maupun internasional. Contohnya, Pekan Olahraga Nasional (PON), dan pada kejuaraan karateka tingkat Asia,” kata Senpai Ayi.

Diungkapkan Senpai Ayi, sejak awal berdirinya perguruan BKC di Kota Batam, dan Kepri, Batam mempunyai potensi bagus, serta terus meningkat hingga kini dengan puluhan dojo dibawah naungan Pengkot BKC Batam.

“Ini juga menjadi motivasilah bagi atlet karateka BKC Batam, untuk bisa selevel dengan atlet nasional. Sedangkan di internasional, pesannya Batam kota yang menarik untuk dapat dikunjungi,” papar Wakil Dewan Guru ini.

Diungkapkan Senpai Ayi, pada even kali ini, tuan rumah dari gabungan tim BKC Kepri menurunkan sebanyak 50 atlet putra dan putri. Sehingga, peluang meraih juara tentu pasti ada dengan didukung motivasi para pelatih, pengurus BKC dan dewan pembina.

“Soal target juara, BKC Kepri tetap optimististis dapat masuk tiga besar, atau juara umum. Sebab pada BKC Open yang pertama dan yang kedua kami juara umum. Sekarang kalau melihat potensi pesertanya yang akan ikut ambil bagian dalam iven bergensi ini, kami tetap percaya diri. Insya Allah, didorong dengan semangat dan doa. Sehingga kita tetap tangguh untuk meraih kemenangan itu,” pungkasnya. (vnr)

 

Post by haluankepri.com

 

676 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.