Dojo BKC SMPN 3 Raih Juara Umum

Dojo SMPN 3 Batam Pertahankan Juara Umum di Kejurda Karate BKC Batam 2015

Bandung Karate Club

Dojo Bandung Karate Club (BKC) SMPN 3 Batam, kembali meraih juara umum pada kejuaraan daerah (kejurda) piala bergilir BKC Batam 2015 selama dua hari, tanggal 24-25 Januari 2015, di Gor Inkai, Baloi, Lubukbaja, Batam, Sabtu (24/1) siang.

Juara umum yang raih itu, ditandai dengan memperoleh piala bergilir untuk yang kedua kali. Karena, dalam turnamen itu dojo SMPN 3 Batam berhasil memperoleh sembilan emas, lima perak serta lima perunggu, yang diikuti 30 dojo BKC.

Dojo BKC SMPN 3 Batam dibawah bimbingan dan pelatih, Senpai Ausan itu, dengan perjuangan sengit, gigih, mental yang kuat, serta menjunjung tinggi semangat sportifitas olahraga dan jiwa bushido, akhirnya berhasil mempertahankan kembali peringkat juara umum untuk kedua kalinya, dengan mengungguli 29 dojo BKC Batam lainnya.

Ketua Umum Pengcab BKC Batam, Senpai Nyanyang Haris Pratamura mengatakan, turnamen karate ini sebagai kalender atau agenda tahunan bagi Pengda BKC Kepri, yang digelar secara rutin. Tujuan dilakukannya kejurda piala bergilir BKC Batam ini adalah, sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit baru atlet karate BKC, yang memiliki potensi diri dan prestasi.

” Alhamdulillah, dengan kejurda BKC ini kita berupaya dengan se-optimal mungkin, untuk bisa melahirkan atlet-atlet karate yang bermental juara, kuat, berdisiplin dan berprestasi di masa datang. Hal ini kita lakukan demi mengharumkan nama Kota Batam khususnya dan Kepri pada umumnya, dalam bidang olahraga karate,” kata Nyang Nyang.

Target BKC Batam dan Kepri nanti, ujar dia, bagaimana mengejar persiapan atlet BKC untuk bisa mengikuti Kejurnas PON dan Pra Pon di tahun depan, dengan persiapan atlet yang matang.

“Dengan melakukan pembinaan dan pencarian bibit dari sekarang, Insya Allah, kita akan bisa meraih terget juara di tingkat nasional pada setiap open turnamen karate,” ungkap Haris ini, yang juga sebagai anggota DPRD Kota Batam.

Hasil kejurda ini, ungkap Haris, atlet yang berprestasi dan mendapatkan mendali akan dipersiapkan untuk mengikuti training centre keatletan. Sehingga atlet-atlet yang dibina secara khusus tersebut bisa mengikuti even-even karate di tingkat nasional maupun internasional,” tukasnya.

Ketua Umum Penda BKC Kepri, Senpai Juliwal yang didampingi Wakil Ketua Dewan guru BKC Kepri, Ayi Aprianto mengungkapkan, tujuan khusus digelarnya kejurda piala bergilir BKC Batam 2015 ini ialah, untuk regenerasi atlet BKC di Kepri, dan sebagai wadah untuk mengukur tingkat kualitas dan kuantitas pengembangan prestasi anggota dojo yang ada di Kepri.

“Kejurda piala bergilir BKC Batam kali ini, mempertandingkan enam kelas kata dan kumite. Diantaranya kelas usia dini pa/pi, kelas pra pemula pa/pi, pemula pa/pi, cadet pa/pi, junior pa/pi, dan under 21 pa/pi yang berjumlah sebanyak 330 atlet dari 30 dojo,” kata Juliwal.

Menurut Ketua Pengda ini, semua atlet yang ikut kejurda piala BKC Batam kali ini, boleh dikatakan dari atlet BKC yang baru bergabung, dan lulus seleksi untuk mengikuti turnamen ini.

“Nah, dengan turnemen ini kita bisa melihat dan menilai atlet-atlet muda berbakat, memiliki potensi diri yang lebih unggul, berprestasi dan akan kita bina secara khusus untuk kedepannya,” kata Juliwal.

Dalam kejurda BKC Batam 2015 ini, ujar Senpai Juliwal lagi, pihaknya sengaja tidak melibatkan atlet- atlet BKC yang pernah menjuarai dan mengikuti turnamen karate di tingkat nasional.

“Ini ajang pencarian bibit baru. Kita sengaja untuk tidak mengikuti atlet senior yang pernah penjuarai dan mengikuti kejurnas, agar atlet baru ini bisa saling bersaing, berjuang meraih kemenangan dengan disiplin dan mental juara yang baru,” papar dia.

Sementara, Ketua Pembina BKC Kepri, Surya Makmur Nasution dan Didi Suryadi, yang didampingi Kasie Bidang Olahraga Koni Batam, Shodikin mengatakan, turnamen itu sebagai rangkaian dan upaya yang dilakukan BKC Kepri untuk meningkatkan prestasi dan mencari bibit baru dalam pengembangan atlet karate. Sehingga, kedepan atlet BKC akan terus tumbuh dan berkembang dengan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama daerah.

” Kita meyakini dan optimis. Setiap open turnamen ataupun kejuaraan karate di tingkat daerah dan nasional, BKC Kepri selalu bisa tampil maksimal dengan meraih mendali emas bahkan juara. Dengan demikian, akan menjadi motivasi bagi kita pencinta karate di Kepri, untuk bisa memberikan dukungan, agar para atlet karate terus berprestasi pada iven-iven kejuaraan daerah dan nasional lainnya,” kata Surya Makmur.

Menurut Surya Makmur, hingga saat ini atlet BKC Kepri terus berkembang dan meraih prestasi di setiap kejuaraan. Bahkan, setiap dojo-dojo BKC akan terus berbenah dan berupaya agar bisa meraih prestasi di setiap kejuaraan tingkat kota dan daerah.

” Kalau ingin mengukir prestasi serta mengharumkan nama Provinsi Kepri kedepan, tentunya kita harus melakukan pembinaan atlet serta memberikan dukungan dengan maksimal mungkin, agar atlet karate ini lebih berprestasi di tingkat nasional maupun di tingkat internasional,” kata Surya, dengan penuh semangat.

Sementara itu, perwakilan Koni Batam mengatakan, sebagai bentuk kepedulian pemerintah Pemko Batam dan  Koni Batam terhadap kepedulian semangat olahraga bidang karate. Koni juga berencana mengadakan open turnamen karate tingkat daerah pada tahun ini, yaitu sebagai lanjutan dari agenda tahunan.

” Agenda tahun ini, Koni sudah mengusulkan untuk melaksanakan open turnamen karate Walikota Cup. Tunamen ini bisa diikuti oleh semua perguruan karate yang ada di Kota Batam maupun Kepri. Untuk pastinya, tunggu informasi lebih lanjut dari kami kapal kelender pelaksanaannya,” ujar Shodikin, Kasie Bidang Olahraga Koni Batam.

 

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.