Kejuaraan Karate Walikota Cup IV

BKC Batam Pertahankan Gelar Juara Umum

Bandung Karate Club

Bandung Karate Club (BKC) Batam, berhasil keluar sebagai juara umum pada penutupan Kejuaraan Karate walikota Cup IV yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Universitas Batam (Uniba), Minggu (23/5). Hasil ini membuat BKC Batam, berhasil mempertahankan gelar juara umum setelah tahun yang lau juga menjadi juara umum, pada even Kejuaraan Walikota Cup yang sudah menjadi agenda tahunan dari Pemerintah Kota Batam tiap tahunnya.

Pada Kejuaraan Karate Walikota Cup IV yang berlangsung dari 21-23 Mei 2010 tersebut, BKC Batam mengumpulkan perolehan medali yang terdiri dari 15 medali emas, 8 perak, 10 perunggu. Raihan ini mengungguli perolehan dari Inkado Batam yang menjadi runner up dengan 8 emas, 7 perak, 6 perak. Sedangkan untuk juara ketiga diraih Amura Club, dengan perolehan 6 emas, 9 perak, 8 perunggu.

Melihat persaingan yang terjadi pada kejuaraan Walikota Cup IV ini, Rosnandya Wisnu Wardhana, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Karate Walikota Cup IV kepada Sijori Mandiri mengatakan, dari pergelaran tahun ini, persaingan yang terjadi dari 11 perguruan yang mengikuti pergelaran dari 3 Kabupaten peserta semakin ketat. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan raihan medali yang terus saling kejar mengejar antara BKC Batam dan Inkado Batam. Namun dari beberapa regu yang dipertandingkan, BKC Batam dapat memperlihatkan superioritas mereka sebagai sang juara bertahan dengan berhasil mengungguli Inkado Batam.

Ditambahkannya, selama proses kejuaraan berlangsung sampai dengan selesai, berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada halangan yang berarti. “Terimakasih kepada semua rekan-rekan panitia atas kerjasama dan kerja kerasnya, sehingga acara ini dapat terselenggara dengan lancar dan sukses,” ujar pria yang akrab disapa Wisnu, yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Kota Batam tersebut.

Juara umum, berhak menerima piala begilir Walikota Batam dan uang pembinaan sebanyak Rp 4 juta, plus piagam. Sementara itu juara II dan III, masing-masingnya berhak atas hadiah uang tunai Rp 3 juta, dan 2 juta. Selain juga memperoleh piala dan piagam yang telah dipersiapkan panitia.

Sementara itu, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Drs. Ricky F. Wakanno, yang merupakan Ketua Umum Forki Kota Batam dalam sambutannya mengatakan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam, beserta KONI Batam, sehingga terlaksananya Kejuaraan Karate Walikota Cup IV dengan sukses dan lancar.

untuk terselenggaranya acara tersebut ke depannya, Ricky berharap kepedulian yang lebih lagi dari Pemko Batam demi kemajuan dunia olahraga di Batam, khususnya karate. Seperti fasilitas yang ada tapi tidak didukung dengan kemudahan dalam memakai fasilitas tersebut dikarenakan berbagai hal, diantaranya harga pemakaian gedung yang mahal. Selain itu beliau juga menghimbau kepedulian para pemangku kepentingan (stakeholder) di Kota Batam terhadap keamjuan dunia perolahragaan Batam ke depannya.

“Jangan melulu soal politik saja. Kalau bisa, mereka juga harus mau peduli terhadap dunia olahraga Batam yang notabene disaksikan dan dilihat oleh masyarakat banyak. Seperti ikut serta dalam setiap pagelaran acara olahraga, bisa dengan ikut serta menjadi sponsor atau lainnya. Dari situ masyarakat juga pastinya bisa menilai, mana dari stakeholders tersebut yang peduli terhadap dunia olahraga. Atau sekurang-kurangnya sering muncul di setiap pagelaran even olahraga tersebut,” ujar Karo Binamitra Polda Kepri tersebut.

Ditambahkannya, sebagai bentuk kepedulian dari Forki Batam, para atlet yang berprestasi pada kejuaraan tersebut akan diikut sertakan dalam program peningkatan mutu dan pelatihan agar mereka bisa terus dipantau. Dan juga akan digendakan pemberian beasiswa kepada mereka yang berprestasi di bidang karate.

“Akan kita usahakan, dan Kita dari Forki siap untuk itu. Selama saya masih menjabat sebagai Ketua Forki Batam, saya akan berusaha untuk merealisasikannya,” ujarnya

Agenda ke depannya tahun 2011 nanti, Ricky mengatakan bahwa sudah mengajukan dan menganggarkan ke DPRD Kota Batam, melalui Helmy Hemilton yang sekaligus Wakil Ketua Umum Forki Batam, untuk tidak hanya menggelar Kejuaraan Walikota Cup saja. Selain itu, Forki Batam akan menggelar berbagai macam kejuaraan karate yang rencananya memperebutkan Piala Gubernur Kepri, Piala Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Piala Kasad, dan Piala Kepala Daerah lainnya.

“Selain itu, kita juga akan berusaha menambah peserta dari sebelumnya hanya 3 Kabupaten/Kota yang ada di Kepri, menjadi 4 Kabupaten/Kota atau lebih. Mohon doa dan dukungannya, saya akan perjuangkan itu,” paparnya.

3 kabupaten/Kota Provinsi Kepri yang mengikuti Kejuaraan Karate Walikota Cup IV tersebut yaitu, Batam, Tanjungpinang, dan Karimun. Sedangkan 11 perguruan tersebut yaitu, BKC Batam, Amura, Inkado Batam, Inkai, Inkanas, Gabdika, Gojurai, Wakodai, Tako, Lemkari, Shiroita.

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.